• Narasi Islam Nusantara, Peta Dakwah dan Poskolonialisme
    Vol 6 No 02 (2021)

    Munculnya Islam Nusantara menjadi narasi baru bagi kajian keislaman yang selama ini hanya dijadikan obyek riset para orientalisme. Berbagai penelitian dan pemikiran para cendekiawan pun selama ini merujuk temuan-temuan atau pandanhan-pandangan yang dilontarkan oleh para orientalisme. Narasi Islam Nusantara menjadi wacana yang penting bagi pendekatan poskolonilasime yang ingin melihat keberislaman di Nusantara dengan kaca mata sendiri, perspektif yang lebih jernih dan tidak menurut liyan. Dengan menjadi subyek, kajian-kajian keislaman di Nusantara akan menemukan hikmah dan peta dakwah yang lebih positif dalam memaknai berbagai ekspresi keislaman yang ditampilkan.

  • Aswaja, Kontekstualitas dan Spiritualitas Tradisi Islam Nusantara
    Vol 5 No 01 (2021)

    Dalam sejarahnya, Islam begitu mewarnai sendi-sendi kehidupan –budaya, adat, tradisi- masyarakat Nusantara. Pun sebaliknya. Terjadi dialektika diantara keduanya sehingga membentuk karakter Islam yang khas Nusantara. Aswaja sebagai basis pemahaman keagamaan telah mengakar dalam keberislaman sejak awal masuknya Islam di Nusantara. Jalur Aswaja telah ditempuh para ulama dalam mendapatkan hukum yang tepat di Nusantara ini sekaligus starategi berdakwah dan berkomunikasi dengan masyarakat nusantara yang beraneka ragam. Selain itu, aswaja juga membangun sekaligus melestarikan tradisi-tradisi dalam ranah rasionalitas dan spiritualitas yang termanifestasi dalam suatu tradisi seni seperti di Aceh maupun direkam dalam sebuah kitab ulama nusantara.


  • Islam Nusantara Dan Ulama Perempuan
    Vol 4 No 02 (2020)

    Berbagai Kajian untuk menggali khazanah Islam Nusantara makin bervariasi. Edisi kali ini selain mendedah jejaring ulama Nusantara, juga merambah kajian pendidikan di masa pandemi hingga ulama perempuan yang perannya bertaraf internasional. Kajian ensiklopedi kitab tafsir juga menjadi tidak kalah menariknya hingga pembahasan qiraah sab'ah dan mushaf republik Indonesia. Kajian tarekat dan tradisi budaya melengkapi begitu variannya khasanah islam di Nusantara.

  • ISLAM NUSANTARA CIVILIZATION
    Vol 1 No 01 (2018)

    Menggali dan Melestarikan Khazanah Keilmuan Ulama Nusantara